Sabtu, 07 Juni 2014

Web dan Perilaku pengguna / IMK & Struktur Web

Nama  : 1. Tio Dwi Akbar
              2. Irwan Nugraha
              3. Lukman Nur Haryadi
              4. Angga Priandika

Web dan Perilaku pengguna / IMK


A. Perilaku Navigasi
pada suatu situs (jual beli khususnya) penggunaan navigasi yang baik sangat penting untuk dilakukan bagi para pembuat online. Para pembuat situs website tersebut harus bisa membuat suatu navigasi agar pengunjung situs tersebut tidak bosan dengan melihatnya. Ada dua tipe navigasi. Yang pertama adalah yang standar, yang memberikan overview dan peta penjelajahan situs. Biasanya bisa ditemukan secara konsisten baik di bagian atas, samping atau footer. Yang kedua adalah navigasi versiadvance. Jenis ini masih bertujuan memberikan alat untuk menelusuri situs, namun dengan cara lebih spesifik. Misal lewat kategori, pengarang, produsen, range harga, dan lain lain. Navigasi semacam ini sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi antar muka yang lebih intuitif. Alih-alih model kotak isian teks kosong, calon pembeli diberi beberapa nilai default yang bisa dipakai lewat link yang disediakan. Lebih keren lagi, calon pembeli bisa melakukan penelusuran bertingkat, misalnya: kategori buku, di-drilldown dengan topik “IT dan Marketing”, di-tune lagi pada level berikutnya dengan range harga 100 ribu sampai 400 ribu, lalu difinalisasi dengan “reviewed by S.P.D”. Calon pembeli pun akan sampai pada apa yang benar-benar dia cari.

Permasalah dalam kaitan dengan:
- Para pemakai interface website tidak mengetahui daerah atau dalam hal ini lembaran-lembaran pada situs.
- Struktur lokasi tidak dapat ditemukan.


Pemakai interface situs seharusnya diberikan suatu pemahaman dari struktur yang menyangkut dari suatu ruang dari informasi tersebut. Maka sebaiknya disiapkan:
- Tabel Index (Peta Lokasi)
- Index
- Navigasi
- Fasilitas Pencarian (Search) 



B. Perilaku Pencarian

Fitur pencarian internal tentunya telah di desain dengan batasan tertentu. Ketika situs Anda tumbuh tentunya Anda akan semakin tahu pola pemakaian oleh pengguna. Termasuk di dalamnya adalah pola pencarian dalam rangka mendapatkan pengalaman terbaik dalam pemanfaatan situs.

dalam kasus seperti diatas kita ingin membandingkan 2 situs jual beli online dimana kita liat dari navigasi dan pencarian yang terdapat didalam situs web tersebut.


gambar 1.

                                                               
gambar 2. 


gambar diatas adalah situs jual beli online yang sangat digandrungi bagi konsumen online. pada gambar 1. dilihat navigasi bagian header(atas) terdapat kata pencarian (disini biasa pengunjung ingin mencari suatu barang yang ingin dia beli), lalu ada semua provinsi (pada tombol menu ini bisa kita mencari suatu produk yang diposting oleh penjual diberbagai daerah di indonesia), semua categori (berisikan categori produk apa saja yang ingin dicari oleh pengunjung), dibagian paling atasnya terdapat log in, daftar dan pasang iklan (untuk bagi para pengunjung yang akan menjadi member situs tersebut dan ingin memasangkan suatu iklannya).

gambar 2. tentunya berbeda dengan gambar yang diatasnya. pada gambar sebelah kanan navigasinya terlihat ketika pengunjung situs tersebut ingin mencari suatu produk, pengunjung diharuskan memelih daerah-daerah yang tercantum dibagaian depannya. misalnya ingin memilih daerah aceh, bali, dki jakarta dan lain-lain. dan dibagian pojok atas bisa memasangkan suatu iklan yang kita inginkan.

dan tentunya dibagian footer suatu situs jual beli online terdapat tentang situs tersebut , contact us , FAQ , privacy policy, bantuan, dan ada kata-kata yang menjadi situs tersebut dikenal orang. kesaamaan dari kedua gambar situs jual beli online terdapat gambar indonesia yang menjadikan situs jual beli tersebut hanya mengiklankan produk dalam negeri. 

- Web dan Perilaku sosial


A. Web merefleksikan perilaku sosial
       
web pun dapat merefleksikan perilaki sosial masyarakatnya, dengan adanya alat pengukur banyaknya orang/ IP address yang mengakses web tersebut dapat menunjukkan bahwa web tersebut menarik perhatian masyarakat dan pastinya akan mempengaruhi sikap sosial seseorang, contohnya seseorang yang sering mengakses situs belanja online akan mempunyai gaya hidup yang boros karena tergiur oleh harga yang lebih murah daripada counter ataupun discount - discount yang ada. 


B. Web mempengaruhi perilaku sosial


web sebagai salah satu bentuk teknologi dan informasi yang sangat populer di masyarakat menjadi salah satu pemicu yang mempengaruhi perilaku sosial masyarakat. ada dua dampak yang dimbulkan yaitu dampak positif dan dampak negatif, dampak positifnya adalah :

1. lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan dalam hal ini berarti membantu pekerjaan manusia
2. dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu sehingga membuat manusia saling berinteraksi dengan mudah
3. mudah mencari informasi serta berbelanja online pun dapat dilakukan

dampak negatif :
1. munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet
2. adanya plagiatisme
3. munculnya pencurian/hack
4. munculnya banyak konyen-konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat merusak mental
5. bahaya kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri

Struktur Web

A. Pengertian Web
World Wide Web, biasa lebih terkenal disingkat sebagai WWW adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet.
WWW merupakan kumpulan peladen web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama.WWW adalah bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi.

B. Struktur Web
Struktur website merupakan kerangka dimana halaman-halaman website disusun dan dihubungkan satu dengan yang lainnya.

 Sebelum melangkah lebih lanjut, di bagian Menentukan Topik Website disebutkan apabila topik yang dipilih terlalu panjang untuk dibahas dalam satu halaman website, maka topik tersebut harus dipecah menjadi beberapa subtopik. Sekarang Anda harus merencanakan berapa jumlah halaman yang akan Anda gunakan, subtopik yang berkaitan erat bisa digabung menjadi satu halaman. Subtopik yang panjang sebaiknya menggunakan satu halaman tersendiri.

Kembali ke pembicaraan mengenai struktur website, website yang tertata dengan baik adalah website yang membuat pengunjung merasa mudah mencari apa yang mereka cari. Semakin mudah digunakan, semakin lama pengunjung berada di website tersebut, dan semakin besar kemungkinan mereka akan melihatnya lagi. Struktur website yang baik juga akan membuat pemiliknya mudah mengembangkannya.

Hal lain yang harus Anda ingat adalah setiap halaman website hendaknya tidak lebih dari 2 (dua) level kedalaman atau 2 (dua) kali klik dari halaman depan (home). Bila tidak, spider tidak akan membuat indeks semua halaman website.
1. Link Data Struktur
Dalam ilmu komputer , sebuah struktur data terkait adalah struktur data yang terdiri dari satu set catatan data yang ( node ) yang saling berhubungan dan diorganisir oleh referensi (link atau pointer ). Hubungan antara data juga dapat disebut konektor.
Dalam struktur data terkait, link biasanya diperlakukan sebagai khusus tipe data yang hanya dapat dereferenced atau dibandingkan untuk kesetaraan. Struktur data linked demikian kontras dengan array dan struktur data lain yang memerlukan melakukan operasi aritmatika pada pointer. Perbedaan ini berlaku bahkan ketika node benar-benar diterapkan sebagai elemen dari array tunggal, dan referensi sebenarnya Array indeks : selama tidak ada aritmatika dilakukan pada orang indeks, struktur data pada dasarnya adalah salah satu terkait.
Menghubungkan dapat dilakukan dengan dua cara - Menggunakan alokasi dinamis dan menggunakan indeks array menghubungkan.
Struktur data terkait termasuk daftar terhubung , pohon pencarian , pohon ekspresi , dan banyak struktur data banyak digunakan lainnya. Mereka juga blok bangunan utama bagi banyak algoritma yang efisien, seperti semacam topologi [1] dan mengatur serikat-menemukan . [2]
Jenis-jenis struktur data terkait
Sebuah linked list adalah kumpulan struktur diperintahkan bukan oleh penempatan fisik mereka dalam memori, tetapi dengan link logis yang disimpan sebagai bagian dari data dalam struktur itu sendiri. Hal ini tidak perlu bahwa itu harus disimpan dalam lokasi memori yang berdekatan. Setiap struktur memiliki medan data dan field alamat. Kolom Address berisi alamat yang penggantinya .
Linked list dapat secara tunggal, ganda atau multiply terhubung dan dapat menjadi linear atau melingkar.
2. Social Networks Site
Disingkat SNS sebuah s ocial n etworking s ite adalah frasa yang digunakan untuk menggambarkan setiap situs Web yang memungkinkan pengguna untuk membuat profil publik dalam situs Web dan membentuk hubungan dengan pengguna lain dari situs Web yang sama yang mengakses profilnya. Situs jejaring sosial dapat digunakan untuk menggambarkan situs berbasis komunitas web, forum diskusi online, chatroom dan ruang sosial online lainnya.
Contoh :
Nama
Keterangan / Fokus
Tanggal diluncurkan
Terdaftar pengguna
Pendaftaran
Global Alexa[1] peringkat Halaman
43 Hal
Penetapan tujuan dan prestasi
1 Januari 2005
3.000.000[2]
Buka
12914 [3]
Academia.edu
Situs jejaring sosial untuk para akademisi / peneliti
September 2008
211.000 [4]
Buka
1.995 [5]
About.me
Situs jejaring sosial
Oktober 2009
5.000.000[6]
Buka
1.447
Advogato
Gratis dan perangkat lunak open source pengembang
1999
13575 [7]
Buka
292.620 [8]
aNobii
Buku-buku
2006
Buka
26939 [9]
AsianAvenue
Sebuah jaringan sosial bagiAmerika Asia masyarakat
1997
Buka
170.384 [10]
aSmallWorld
Eropa jet set dan elit sosial di seluruh dunia
Maret 2004
550.000 [11]
Undang-only
580.060 [12]
Athlinks
Lari, Berenang
2001
139.458 [13]
Buka
69170 [14]
Audimated.com
Musik independen
2010
Buka
656.507 [15]
Bebo
Umum
Juli 2005
117.000.000[16]
Terbuka untuk orang 13 dan lebih tua
4.169 [17]
Biip.no
Masyarakat Norwegia
1 Juni 2005
430.000 [18]
Membutuhkan nomor telepon Norwegia
81916 [19]
BlackPlanet
Hitam Amerika
1 September 1999
20.000.000[20]
Buka
7193 [21]
Blauk
Siapa pun yang ingin mengatakan sesuatu tentang orang asing atau kenalan.
2010
Terbuka untuk orang-orang 13 dan lebih tua.
1081215 [22]
Blogster
Blogging masyarakat
24 November 2005
85579 [23]
Buka
12048 [24]
Bolt.com
Umum
1996
Buka
589.595 [25]
Busuu
Komunitas belajar bahasa (berkantor pusat di Madrid, Spanyol)
16 Mei 2008
12.000.000[26]
Buka
4976 [27]
3. Blogosphere
Pengertian blogosphere adalah suatu interkoneksi antarblog yg tergabung dalam sebuah  domain dan domain tersebut tergabung dalam Internet,  Contohnya, Technorati, Top of Blogs, Blog Top Site termasuk juga dengan blog directory, sebuah blogosphere biasanya diklasifikasikan menurut jenis postingan, ada berupa blog berita, hobiis, blog yg berisi tips dan trick dll.

Istilah tersebut muncul pada tahun 1999 dan mulai populer tahun 2002, walaupun lahir dari sebuah lelucon keberadaan blogosphere kini menjadi sebuah ikon bagi blogger, belum lengkap bilamana blogger belum tergabung ke dalam komunitas blogosphere hingga jadi ikon  eksistensinya dalam dunia blogging.

Manfaat blogosphere ini tak lepas kaitannya dari SEO, layaknya sebuah komunitas, keberadaan blogosphere memberikan jalinan komunikasi antar blogger, ngasi akses postingan yg popular dan menjadi sebuah trend, ato updetan artikel sebuah blog, dan laennya.

Menulis blog yg terpublish pada sebuah blogosphere merupakan langkah oke, paling gak bagi konten original, yg mana menjadi sebuah acuan buat mencari pembaca setia blog kita, ngasiin konten yg berasal dari Kopas kayanya gak oke, soalnya banyak pembaca yg lebih senang mencari bacaan dari sumber aslinya, dari pada baca hasil kopas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar